Valkyrie Gaming Blog

Berita, Cerita, dan Kehidupan Seorang Gamer Indonesia

Akhirnya saya menggunakan Steam

with one comment

Counter Strike Anthology

Counter Strike Anthology

Ya, pada akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan Steam untuk bermain Counter Strike (CS). Nggak ada salahnya saya mengeluarkan uang Rp. 100.000 untuk membeli satu game original.

Saya langsung membuat account di Indomog, besoknya saya transfer uang di ATM BCA untuk top-up, kemudian sesampainya di rumah saya konfirmasi transfer saya (dibantu oleh customer servicenya Indomog). Setelah saya lihat saldo top-up saya sudah ada, saya konversi saldo saya menjadi MOGash. Kemudian saya buka Indomog Mall, dan pesan CD Key untuk Counter Strike Anthology.  saya menerima email untuk konfirmasi transaksi, setelah saya konfirmasi saya langsung menerima satu email lagi yang berisi CD Key.

Kenapa saya hanya membeli CD Key-nya saja? Setelah saya chatting dengan customer service-nya Indomog, ternyata PC DVD untuk Counter Strike Anthology masih SOLD OUT dan masih belum ada supply lagi dari Valve. Yah, mau gimana lagi, mau tidak mau saya beli CD Key saja.

BTW, misi pertama selesai. Saya berhasil mendapatkan CD Key untuk Counter Strike Anthology. Berikutnya saya harus menginstall Steam di komputer saya.

Saya buka website-nya Steam dan men-download Steam Installer dari halaman ini. Filenya tidak besar, hanya 1,52MB.

Setelah download selesai, saya jalankan installer-nya (perlu diketahui bahwa installer ini memerlukan koneksi internet broadband). Proses instalasi tidak menghabiskan waktu yang cukup lama. Beberapa saat berselang, instalasi Steam pun selesai.

Pembuatan Steam ID bisa dilakukan langsung dari Steam Platform ini. Sangat mudah dan tidak bertele-tele, dan yang pasti gratis. Saya pernah mendengar bahwa untuk membuat Steam ID itu harus bayar, ternyata hal ini tidak benar. Steam ID itu gratis.

Oke, CD Key sudah punya, Steam sudah ter-install, Steam ID sudah buat, selanjutnya saya akan mengaktifkan CD Key Counter Strike Anthology yang baru saja saya dapat.

Aktivasi CD Key juga sangat mudah. Saya tinggal memasukkan CD Key yang saya dapat ke dalam kolom yang disediakan. Setelah menekan satu tombol, Steam langsung dapat mendeteksi game apa yang telah saya aktivasikan. Counter Strike Anthology adalah gabungan (satu paket) dari Counter Strike 1.6, Counter Strike: Condition Zero, dan dua game lainnya. Dengan begitu saya bisa langsung menginstall Client CS lengkap dengan patch yang terbaru. Karena saya hanya punya CD Key saja, otomatis saya harus melakukan instalasi secara online. Yah, terpaksa saya harus men-download game tersebut semalaman.

Keesokan paginya saya periksa ternyata download sudah selesai 100 persen. Yes, berikutnya saya tinggal restart Steam, update server list (saya masukkan server CS Steam Indogamers, Vivagamers, dan server dari e-Club Indonesia) kemudian saya siap untuk ber-CS ria seperti dahulu kala.

Ternyata nggak susah untuk pindah ke Steam. Pada saat cerita ini saya buat, sudah ada beberapa teman dari komunitas CS yang sudah pindah ke Steam.

Saya rasa masih butuh waktu untuk Indonesia agar dapat terbiasa dengan sistem seperti ini. Tapi dengan adanya Komunitas Steam di Indonesia, diharapkan kemampuan pemain CS Indonesia bisa diterima dan lebih diakui oleh dunia.

Written by Ignios Valkyrie

Maret 23, 2009 pada 10:06 am

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. sebenarnya enaka pake steam, gw juga pake steam, yg jadi masalah skr koneksi internet indonesia masih lemah

    vilper

    Agustus 5, 2009 at 8:47 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: